Header Ads

LightBlog

Penjelasan Lucid Dream, Mimpi yang dapat diatur sesuai keinginan kita


Baru2 ini Gue mengalami tentang Lucid Dream. Seperti yang Gue ceritakan pengalaman itu pada artikel sebelumnya.


Gue merasa pengalaman ini Epic setelah kejadian kemarin itu. Walaupun sebenarnya, Rep-Rep atau ketindihan setan yang biasa kerap disebut oleh orang Indonesia itu sudah BIASA gue alami (Gue bukan anak Indigo, lho).

Namun para pakar biasa sebut kejadian itu adalah Sleep Paralysis atau Kelumpuhan Sementara.

Jadi, bagaimana Sleep Paralysis itu terjadi? Oke, sebelum membahas ini, kita bahas dahulu Lucid Dream.

Farhan Kecil, Lagi mikirin mantan.

Apa itu Lucid Dream?


Lucid Dream atau Mimpi Sadar adalah sebuah Proses disaat kita dapat bermimpi sesuai keinginan kita dan kita tahu betul kita sedang sadar. Keren enggak?

Contoh, disaat proses Lucid Dream kita ingin bermimpi ketemu mantan ... Bisa, nanti kita sendiri yg mengatur seperti apa mimpinya. (Ini menurut yg sudah mengalaminya. Jujur, Gue sendiri belum pernah. Namun, HAMPIR).

Bagaimana Lucid Dream terjadi?


Saat kita tidur otak mengalami 2 hal aktivitas berbeda, yaitu Tidur Aktif atau REM (Rapid Eye Movement) dan Tidur non-REM.

Tahukah lo? jika bokap lo lagi tidur ... eh, tiba2 teriak2 manggilin mantannya (Istrinya auto megang kopel gesper) atau Adik lo yg tiba2 berjalan ketika tidur, itu semua dihasilkan oleh Aktifitas Otak Non-REM.

Sedangkan REM adalah suatu tahap dimana kita sedang dalam tidur yg lebih dalam (Nyenyak). Dan tahap inilah, mimpi bisa terjadi.

Nah, Sleep Paralysis terjadi ketika Otak mendadak terbangun tetapi Tubuh masih belum siap.

Ini terjadi sekitar 2-3 menitan, jangan takut atau panik. Ini BIASA, dan pakar menyatakan Semua orang pasti pernah mengalami ini. Bisa tanyakan kepada mantan-mantan Lo, deh.

Namun, para peneliti belum mengetahui penyebab pastinya. Mereka menduga Sleep Paralysis terjadi saat kita tidur terlalu menghadap ke atas, stress, pola hidup yg tidak baik dan sesuai dugaan Gue sendiri yg sudah sering mengalami kejadian ini yaitu, "Kelelahan". 

Menurut Gue sih, penyebab utamanya adalah Kelelahan, karena setiap Gue sehabis bergadang atau tidur terlalu larut malam, Gue selalu mengalami Sleep Paralysis, pasti. Namun kadang juga tidak. 

Bahkan ketindihan setan/rap rap yg biasa orang Indonesia sebut ini BISA terjadi di pagi hari / siang hari.

Namun, apakah benar dugaan orang-orang indonesia Sleep Paralysis ini adalah ulah Jin atau setan yang menindihkan kita saat tidur?


Bisa saja itu memang benar ulah Jin atau Setan. Benarkah? Sayangnya, ini akan Gue bahas di Artikel Singkat selanjutnya biar Lo makin penasaran #melet


Balik ke Lucid Dream. Yaitu, REM (Rapid Eye Movement)

Seperti yg kita ketahui sebelumnya, Mimpi terjadi saat proses REM. Nah, pada saat REM ada beberapa tahap sebelum masuknya ke dalam Mimpi.

Tahap pertama adalah Tidur Ayam (Tidur2an tapi sudah mulai tertidur. Ngantuk :v). Tahap Kedua adalah Tertidur. Ketiga adalah Tidur Nyenyak. Dan terakhir barulah REM yg menghasilkan sebuah Mimpi. Kalau lo tidur tapi tidak mimpi, berarti Lo belum masuk ke tahap REM ini, bro!

Tetapi, seperti kutipan sebelumnya. Bisa saja Mimpi terjadi karena ulah Setan atas mimpi buruk, Sebuah Pesan dari Tuhan, dll.

Ingat, disaat mimpi ruh kita sedang keluar dari tubuh. Makanya banyak org bilang jangan gangguin orang tidur atau coret2 mukanya, takut ruh nya enggak kembali atau tidak kenali wajahnya lagi. Seperti film Insidous, kesesat di alam setan deh #wkwk.

Nah, saat tahap REM, detak jantung, pernapasan, dan gerak bola mata yg tadinya lambat, menjadi cepat. Ini terjadi saat kita benar2 tertidur lelap.

Org yang bilang tidurnya ngorok bertanda tidur nyenyak, itu salah. Itu adalah aktivitas Non-REM. Jujur saja, saat kita mengorok kita juga pernah sadar bahwa kita sedang mengorok bukan? Berarti tidurnya enggak terlalu dalam seperti REM.

Nah, saat REM. Lucid Dream bisa terjadi. Contoh Lucid Dream bisa baca kembali di paling atas, malas ngetik lagi #hehe.

Kembali pada Sleep Paralysis. Ketika sedang pada Tahap REM, dan terkena Sleep Paralysis biarkan saja seluruh tubuh lo tidak bergerak. Biarkan saja proses Ketindihan setan ini berlangsung. 

Question: Pakai Celana, enggak yak itu? #thingking

Walaupun tidak nyaman dan nafas juga kadang sesak, paksa untuk biarkan proses ini. Perlahan, Otak akan kembali mengalami REM dan saat itu kita sedang sadar dan ... Lo akan merasakan Ruh Lo akan terbang melayang dan lepas dari tubuh. Dan saat itulah Lucid Dream terjadi. 

Lo bisa mimpi sesuai keinginan Lo.
Begitu kata org yg sudah pernah mengalami Lucid Dream. Gue yg kemarin hampir mengalami Lucid Dream juga merasakan Arwah Gue serasa melayang dan hampir terlepas dari tubuh. Baca aja artikel Gue sebelumnya tentang Pengalaman Gue Rap-Rap atau ketindihan setan. (Link sudah diberikan diatas)

Mungkin kita bisa anggap Fenomena Lucid Dream atau Mimpi Sadar ini menarik dan unik, karena dapat mengendalikan mimpi kita sendiri.

Tapi, tahukah Lo bahwa Lucid Dream ini kita bisa atur atau di praktekan. Menurut yang Gue baca di sebuah Forum, ternyata cukup sederhana. Lagi2 adalah membiarkan tubuh kelelahan. Hanya itu yg dapat memancing Lucid Dream. Seperti dugaan Gue.


Mungkin cukup sampai disini membahas tentang Lucid Dream. Mengupas jauh tentang Lucid Dream juga bisa sambil mempelajari sistem kerja otak kita. Dan itu akan sangat panjang dibahasnya. 

Tapi tenang, jika Gue benar2 mengalami Lucid Dream atau ada waktu senjang untuk menulis artikel tentang ini lagi, akan kembali Gue kupas nanti. So, always waiting my Article. Ok, Bro!

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar