Header Ads

LightBlog

Cara Menikmati Hidup Pengangguran


Jangan tanya Gue ada berapa jumlah pengangguran di Indonesia yang sekarang lagi bermalas-malasan hanya mengandalkan uang orang tua yang manjanya kayak kecoa, sekali injek langsung mejret.

Kenapa jangan tanya Gue? Ya ... Karena Gue enggak tahu, ada berapa jumlah pengangguran di Indonesia, jadi jangan tanya Gue #hehe

Sebulan setelah lulus sekolah, Gue langsung kerja di STIP Jakarta, sebagai Photo Editor di Mitra Koperasinya. Hasilnya, ya buat ngeridit si Wifi (White Fino) But, pertengahan bulan April 2017 Gue berhenti karena alasan tertentu. Kira-kira 9 bulan lah Gue pengalaman bekerja.

Dan sampai sekarang, Gue masih pengangguran. Padahal tanggung banget pingin dapet THR, Eh ... Sudah selama Puasa enggak punya uang, banyak yang ngajakin bukber, enggak dapat uang pas lebaran pula, banyak yang ngajakin jalan-jalan, tapi dompet Gue enggak tahu kenapa jadi enggak bisa ke buka, mungkin saking lamanya enggak pernah di isi-isi, bakteri-bakteri yang pernah masuk bersama uang berwarna merah, membusuk dan berfermentasi menjadi sebuah perekat di dalamnya #hehe.

Waktu itu salahnya, Gue keluar dekat-dekat bulan puasa. Banyak PT yang nolak, mungkin karena tanggung bentar lagi lebaran. Makanya Insyallah, setelah lebaran ini, ada banyak PT yang membuka lowongan kembali. Doa in ya bro!

Nah, selama pengangguran ini. Gue sadar, sekarang Gue berstatus “Pengangguran” yang sering orang-orang anggap sampah masyarakat #tersedu. Pengangguran adalah waktu dimana Lo bebas dari apapun. Lo punya banyak waktu untuk melakukan apapun karena tidak ada yang harus Lo pikirin, kecuali kalau Lo punya malu atau tunggakan kayak Gue yang harus bayar Wifi setiap bulannya, untungnya ada Nyokap yang mau bayarin dulu #tersedu.

Namanya juga nganggur, berarti Lo enggak ada kerjaan. Kalau tiap hari mikirin cari kerjaan terus, Gue tahu apa yang Lo pikirin. STRES dan TERTEKAN, nge-batin Men! Sudah kesana-sini, bensin minta ke orang tua terus, bertarung dalam panasnya naga Indonesia yang menyembur-nyembur setiap siang, di tambah macet, kalau Nge-date minta ditraktirin sama pacarnya, enggak bisa ngajak doi nonton, cuman di rumah doang pacarannya #hayoo-ngapain.

Tapi tenang. Sebagai ahli dalam ilmu pengangguran (Nganggurtisme) Gue punya beberapa solusi yang mungkin keadaan Lo sama kayak Gue. Kalau Nge-date, minta uang bensin sama orang tua, pas makan minjem dulu sama ceweknya #hehe.

Di jamin, Stres dan hati yang tertekan di cibir sama teman-teman yang sudah bekerja bahkan sudah menikah karena Gaji pekerjaannya di atas 5jt #Shock. Akan hilang atau terkubur dengan solusi-solusi yang akan Gue beri tahu ini.

Nganggures, Mau? Ketik MAU DONG KAKAK Spasi NAMA KAMU Spasi NAMA ORANG TUA KAMU Spasi NAMA ADEK KAMU Spasi NAMA ANAK LO DI MASA DEPAN Spasi NAMA GEBETAN YANG LO DEKETIN TAPI ENGGAK PERNAH JADIAN #melet Kirim ke mana saja asalkan nyampe ke tujuan.

Berikut Tips nya.


Ini adalah waktu dimana Lo bisa nyalurin banyak waktu terhadap Hobi Lo. Yaitu, Nge-Game Seharian!



Ini adalah waktu yang paling Gue tunggu-tunggu selama berabad-abad lalu. Gila! Umur Lo berapa?. Lo bayangkan, yang dulu biasanya baru bangun pagi langsung mandi, setelah itu bergegas tancap gas menuju sekolahan, menyapa kawan-kawan kemudian mendengarkan ocehan bahkan curhatan guru yang lagi mengajar, mending tidur.

Sekarang ... baru awal melek saja, kayak dapat power entah dari mana asalnya, tubuh Gue di kelilingi aura negative kuning yang berkoar-koar kaya Super Saiya, rambut Gue jabrik ke atas. langsung memandang komputer dan jari Gue langsung menuju tombol Turn On kemudian tangan satunya mengambil Stik yang berada dalam Box pertalan komputer Gue, seperti di hipnotis tiba-tiba Gue sudah berada di Main Menu Resident Evil 5 #hehe

Dari pada stres nungguin panggilan yang enggak ada kabarnya, mending nge-game seharian siapa tahu dapat panggilan,  panggilan mamah yang nyuruh berhenti ngabisin listrik #melet
Akan ada waktunya Lo pasti dapat pekerjaan, kok

Dari pada Stres dan takut rambut Lo rontok, mending banyak tidur saja, seharian juga enggak papa kok, asalkan jangan 2 hari. Takut lewat


Gue pernah rontok kok, rambut atas Gue kayak pantat monyet jenis apalah Gue enggak tahu, atas tengahnya bolong enggak ada rambutnya. Itu padahal pas sudah kerja di STIP saksinya mereka semua, enggak tahu apa yang Gue pikirin. Intinya, sudah kerja saja masih bisa Stres apa lagi Lo yang belum dapat kerjaan.

Sudahlah, jangan terlalu terbebani dengan tuntutan Lo harus dapat pekerjaan secepatnya. Just Calm and stay love me #Pfft. Maksudnya, Sabar saja pasti akan ada waktunya Lo pasti dapat kerjaan dan segera married menyusul teman-teman Lo, yang mungkin teman-teman Lo nanti sudah gendong bayi. 
Sambil menunggu itu, Istirahatlah dalam waktu yang lama, siapa tahu dapat hidayah di dalam mimpi #melet. Enggak ada yang larang Lo kok, palingan juga nanti di siram mamah #wkwk

Santai saja, saat menjadi pengangguran, waktu tidur Lo bisa melebihi 8 jam sehari


Free Time at any time. Gue pakai buat makan sambil nonton film-film hasil colongan wifi tetangga sebelah


Saat menjadi pengangguran, Lo pasti punya banyak waktu. Dan istilah “Deadline” atau kejar waktu pas ada PR seabrek-abrek dalam seminggu harus kelar.  Istilah itu sudah hilang dalam hidup Lo yang sekarang sedang menjalani kehidupan istimewa ini #hehe

Saat Free Time, selain nge-Game seharian Gue juga menghabiskan waktu seharian dengan nonton film-film. You know, teman Gue tokonya ada Wifinya, jadi hampir setiap minggu Gue kesana mampir dengan tujuan download film. Bahkan seharian sambil ngobrol2 saja. Pulang-pulang bawa 5-6 film aja ... kadang-kadang Gue download 2 project Anime yang 720p gratis ini, enggak takut kuota bolong #melet #Peace-andi #melet-lagi

Kadang, seharian Gue nonton film saja sambil makan. Gue kadang sekaligus nonton 4-5 episode Anime, bahkan makannya kadang suka tambah lagi karena filmnya belum selesai #wkwk. Tapi enggak gemuk-gemuk ya?


Pengangguran juga punya hari libur, dimana Lo bisa berkumpul bersama teman-teman Lo untuk bersosialisasi dan beraktivitas


Banyak yang bilang pengangguran itu hari liburnya setiap hari. Siapa bilang pengangguran itu enggak ada hari liburnya? Ada hari liburnya, cuman mereka ... benar enggak ada tanggal hitamnya. Merah semua #wkwk

Hari liburnya adalah saat Lo bisa berkumpul dengan teman-teman. Enggak mudah loh bisa berkumpul dengan teman-teman di saat mereka sudah sibuk dengan dunianya sendiri. Di tambah dengan yang sudah menikah. Maka karena itu, muncullah istilah Reuni atau berkumpul dengan teman-teman Lo

Sisih kan juga waktu Lo untuk bersosialisasi dengan mereka, siapa tahu mereka memberikan informasi tentang lowongan kerja buat kita, kalau ada yang ngajakin Reuni, datanglah. Karena disana bukan hanya menyambungkan tali silaturahmi tetapi berita atau informasi yang mereka sampaikan.

Sesekali, jika memang Lo punya banyak waktu banget (Pastilah, pengangguran) jangan pernah lupa untuk beraktivitas. Main dengan teman-teman, ikut keorganisasian atau komunitas-komunitas yang Lo sukai. Biar pengangguran Lo berkualitas, bukan lagi dianggap sampah melainkan benih kehidupan (pohon)


Kamar mu adalah rumah pertama saat lepas dari penjara jendela dunia, dekorasilah mumpung punya banyak waktu


Setelah lulus sekolah, yakinlah. Tempat Lo pulang bukanlah rumah lagi, tetapi kamar Lo. Dulu, pulang dari sekolah atau pulang dari main sehabis pulang dari sekolah, Sama saja. Lo sangat ingin pulang ke rumah, untuk makan dan menghabiskan waktu di dalam rumah.

Gue saja, kalau mau bolos sekolah, mending bilang langsung ke mamah Gue. Dengan beberapa alasan yang masuk akal padahal bohong dan sedikit muka melas, mamah Gue biasanya menyetujuinya dan Gue punya Free pass walaupun waktunya buat sekolah #wkwk

Tetapi, setelah Lo sudah sering berada di rumah, Lo baru sadar. Ternyata Lo punya kamar. Dulu, kamar Gue temboknya polos cuman warna cat dan beberapa jaring Spiderman di atas. Gue berharap di gigit laba-laba supaya jadi Spiderman beneran. Nah, entah dari mana tangan Gue, tiba-tiba gatel #wah. Gue langsung corat-coret gambar di temboknya dan beberapa ratusan album foto yang Gue cetak waktu masih kerja di STIP, Gue tempelkan di temboknya juga dan beberapa Dekorasi lainnya. Sehingga ramai enggak monoton begitu kamarnya #hehe

Semakin betah deh tinggal di kamar, yang mau main silahkan. Kamar Gue Open House kok #wkwk


Segarkan pikiran dengan jalan-jalan ke berbagai tempat wisata bersama doi


Ini juga di anggap sebagai hari liburnya pengangguran. Ada kalanya otak Lo mampet karena suntuk belum keluar rumah selama seminggu. Khawatirnya jaring-jaring laba-labanya masuk ke otak Lo dan jadi kusut ke tarik sana sini, sinting deh.

Keluarlah untuk menyegarkan kembali otak Lo itu. Keluarlah bersama teman, jalan-jalan, ke taman sambil wifian #melet. Ke tempat permainan, kalau Gue biasanya main Pump kalau enggak Basket. Yang penting bisa menghibur dan mendamaikan hati yang sebelumnya nge dumel terus waktu main Master League , lawan Manchester kalah 5-1 #wkwk.


Untuk yang sudah punya pacar, setiap malam minggu jangan lupa untuk nge-date ke rumahnya, minjem uang. Atau ajak dia jalan-jalan, makan minta ditraktirin aja. Enggak usah jauh-jauh, ajak saja dia ke taman atau ke tempat tongkrongan yang gratis, yang kalau beruntung ada free wifinya.

Pengangguran bukan berarti kita adalah umat yang rendah bro, hanya belum waktunya kita memulai kembali jalan menuju kejayaan. Cukup nikmati saja dulu, Slip time ini #wkwk. 

Bersyukur, Tuhan belum memberikan cobaan lagi. Namun, hadiah waktu bebas ini jangan terlalu lama dibiarkan. Yang ada Lo akan terlepas dari dunia nyata dan hanya ingin bermalas-malasan menghindari kenyataan dan bersembunyi dari mimpi belaka.

Tips-tips itu hanya untuk menikmati waktu nganggur saja biar enggak terlalu STRES atau TERTEKAN dengan tekanan yang harus mendapatkan pekerjaan secepatnya. Setelah artikel ini, Gue ingin lanjut menuliskan tentang “ Memanfaatkan Waktu Saat Menjadi Pengangguran”.

Waiting for the next any my write okay ^_^

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

1 komentar

farida mengatakan...

Thanks ya, artikel sangat membantu dalam menyelesaikan tugas perkuliahan tentang inflasi dan pengangguran. Kunjungi juga ya MAKALAH INFLASI DAN PENGANGGURAN