Header Ads

LightBlog

30 Tips n Trick Cara Cepat Menggunakan Adobe Photoshop By Farhan Hamzah At Thoriq


Sekarang Gue sudah bekerja di PT Mindreach Consulting sebagai Image Editor.  Job Gue itu mengolah gambar sesuai keperluan Klien perusahaan tersebut. Seperti, Retouch, Color Matching, Cropping and Remove Background. Sebenarnya sih gampang, toh sebelumnya Gue bekerja sebagai Photo Editor juga.

Namun, karena di CV Gue sudah tertulis kalau Gue itu orangnya Kreatif, Cepat dan Inovatif. Masa pas sudah diterima bekerja, semua omongan Gue di CV hanya menjadi Bullshit?

“Di CV, Kamu bilang “Cepat”. Apa maksudnya itu?”. Team Leader
“Hmm ... 2x. .. ergg ... (Lagi mikir)”
Gebrak meja, “Cepat jawab!”.
#Gue #Kaget
Betapa jujurnya jawaban ini, “CEPAT MAU PULANGNYA PAK!” Seketika,
Sambil mengangkat meja dan membelah duanya. “CEPAT KELUAR SANA!”
WUssshhhhh ....
“Ampunnnn pak!!!” #Mewek.

Enggak mungkinkan seorang profesional kayak Gue bohong seperti itu? #Melet. Tetapi, benar loh Gue itu Kreatif, Cepat dan Inovatif. Ketiga sifat ini menjadi kekuatan Gue untuk masuk ke dalam beberapa perusahan. Seolah, Ketiga sifat itu adalah 3 Skill Pasif yang sudah di upgrade berkali-kali. Sehingga, Gue adalah Character dengan warna Merah di sisinya (Biasanya kalau di game2 itu adalah Legenda)

Di tambah dengan Title HERO yang menambahkan beberapa Poin Atribut dengan besar. Maksudnya, Gue itu enggak mau kalah dengan yang lainnya.

Ya walaupun Gue masih baru dan hanya baru beberapa minggu, Enggak seru kalau enggak langsung bersaing dengan yang sudah bertahun-tahun atau justru dengan para Team Leadernya.

Maka dari itu, Gue belajar autodidak dari internet sampai bergadang, enggak keluar kamar seharian, ber*k, kenc*ng di situ. Untuk menjadi sebuah kelebihan dari senjata yang sudah Gue asah selama bulan puasa kemarin. Apa cara cepat menggunakan Adobe Photoshop.

Dan terkumpullah beberapa trik yang bermamfaat yang biasa Gue gunakan untuk Tracing, Color Matching, Selection, dll. Namun, sampai sekarang Gue masih belum bisa menggunakan Pen Tool dengan cepat seperti para Senior yang seolah tangan kanannya menggambar diatas Mousepad dan tangan kirinya lagi main Ayodance. Berisik banget suara Space nya!

Maka dari itu, Gue hanya kasih beberapa Trik lainnya saja seperti Quick Duplicate, Blend Mode, dan mengoperasikan beberapa Tool Properties lainnya. Tetapi, semua trik ini sangat Efektif. Ibarat kata, Lo sedang membaca Grimgore yang sekali baca langsung terkuasai.

Berikut triknya. Di jamin, Skill Photoshop Lo bakal jadi Setengah Dewa!

Note: Hanya digunakan oleh Photoshop CS5 ke atas dan Windows or Machintos. For Windows, Option itu adalah Alt.

  1. Layer Blend Mode Shortcuts : Normal (Shift + Option + N), Multiply (Shift + Option + M), Screen (Shift + Option + S), Overlay (Shift + Option + O), Soft Light (Shift + Option + F), Saturation (Shift + Option + T), Color (Shift + Option + C), and Luminosity (Shift + Option + Y).
  2. Cycle through Blend Modes Shortcut (Shift + – / + ): Kalau Lo suka nge Retouch atau Painting, kan Ribet kalau ganti Blend Modenya pakai cursor di geser dulu pakai Mouse. Mending pakai trik ini saja, “-“ untuk before, “+” untuk after.
  3. Opacity Shortcut : Tekan saja 1 – 0, seperti 1 untuk 10%, 5 untuk 50%. Kalau Lo maunya 56% yaudah, ketika dengan cepat 5 sama 6. Note: Pastikan tidak sedang Painting/Retouch. Kalah enggak bisa, tekan V atau M dulu saja.
  4. Flip Foreground and Background : Kan ribet kalau setiap mau ganti warna, klik Change dulu atau Color Picker dulu. Mending pakain Trik ini saja. Cukup tekan “X”.
  5. Invers Selection : Untuk membalikan seleksi. Ctrl + Shift + I
  6. Default Color Fore-Background : kalau buat masking, biasanya Hitam untuk menghapus, Putih untuk menseleksi. Nah, kalau yang tadinya masih berwarna bekas Coloring mungkin. Di reset saja dengan hanya menekan “D”.
  7. Adjusment Size & Hardness Brush Tool : Tekan “[ or ]” untuk mengecil atau membesarkan size bursh. Tekan juga Shift untuk Hardnessnya.
  8. Show Grid or Ruler : Grid – Ctrl + ‘ , Ruler – Ctrl + R.
  9. Crop : Cukup tekan “C”.
  10. Merge Layer : Merge satu layar cukup Ctrl + E, Bisa juga pilih dahulu layer yang ingin di Merge lalu lakukan trik ini ini
  11. Group Layer : Pilih layer yang ingin di Group, lalu tekan Ctrl + G
  12. Select Multiple Layer : Kalau kita ingin memilih banyak Layer dalam tab Layer, Bisa pilih satu-satu dengan Tahan “Ctrl” atau “Shift” Untuk pilih rata
  13. Easy Hiding / Showing Of Multiple Layer : Untuk Hiding/Showing Layer hanya me-klik lambang mata. Namun kalau banyak? Cara cepatnya adalah tekan dan tahan lambang mata lalu Drag ke bawah.
  14. Move Layer Shorcut : Jika ada banyak layer dan ribet mau memindahkan layer, cukup ketik Ctrl + [ or ] Tambah Shift untuk Bottom or Top
  15. Pull View : Sedang tracing namun ribet mainin Scroll dulu? Tekan dan tahan Space lalu Klik tarik ke arah manapun.
  16. Zoom In or Out : Hanya tekan Ctrl dan Scroll ke atas atau ke bawah.
  17. 100% View : Untuk melihat ukuran 100% Canvas atau Zoom lebih jelas Tekan Ctrl + 1
  18. Copy Layer Lalu Order Layer : Dalam Tab Layer, jika ingin copy tahan Alt lalu Drag Layer yang ingin di copy, letakan layer di tempat yang di inginkan.
  19. Quick Clipping Mask : Seperti sebelumnya, Tahan Alt lalu arahkan pointer ke garis diantara 2 Layer tersebut.
  20. Copy Effect Layer : Masih tahan Alt lalu tahan simbol ƒχ tarik ke arah layer yang mau di Paste.
  21. Add / Subtract or Tambah / Hapus : Shift untuk Add, Alt untuk Subtract.
  22. Quick Duplicate : Pilih Layer yang ingin di Duplicate, lalu tekan Ctrl + J.
  23. Close Tab or Move Tab : Close Tab – Ctrl + W, Move – Ctrl + Tab.
  24. Undu, Redo, Undo : Jika Ctrl + Z hanya dapat Undo 1x. Ctrl + Alt + Z Dapat Undo banyak. Jika Ctrl + Shift + Z adalah Redo.
  25. Previous Filter Gallery : Tekan Ctrl + F Untuk menggunakan Filter Gallery Sebelumnya biar enggak repot.
  26. New Layer : Ctrl + Shift + N kemudian atur sesuaikan
  27. Quick Masking : Tekan Q saja
  28. Liquify Tool : Pilih layer, kemudian tekan Ctrl + Shift + X.
  29. Deselect : Setelah Selection, masih tersisa seleksi. Hilangkan dengan tekan Ctrl + D
  30. Transform Selection : Saat dalam mode seleksi, tekan Ctrl + T.

Itulah 30 Tips n Trick Cara Cepat Menggunaka Adobe Photoshop yang Gue tahu dan Gue pakai agar keliatan enggak lemot di depan mata para senior. Cepat adalah moto Gue.

Sebenarnya masih ada banyak Trick Photoshop yang belum Gue tulis, seperti Quick Access Bar menu, dll. Kalau masih kepo, langsung comment saja dibawah. Gue bantu kok ^_^

#TestingONAdobePhotoshopCC2017

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar