Header Ads

LightBlog

Penyebab Pengunjung Tiba-Tiba Banyak AWAS Jingling! Ini Cara Mengatasinya

Bermula dari Gue tidur tepat jam 22:00. Otomatis mata Gue tertutup dan langsung ngorok memasuki dunia mimpi. #LoRobot?

Seingat Gue, waktu itu Gue mimpi berada di sebuah gedung yang modern dan penuh warna. Ya, mirip kantor Google deh. Gue kayak lagi di wawancara sama bule, dan itu terasa banget kayak nyata. Karena Gue alhamdulillah sedikit pasif berbicara English, jadi Gue bisa jawabnya.

Udah seneng, tuh. Bakal bekerja di kantor Google. Cewek mana yang enggak mau cowoknya kerja di Perusahaan terbesar di dunia? #mantab #berkilau.

KRRIIINNNGGGGGG #alarm

Kampret. Ternyata mimpi.

Sengaja sebelum tidur, Gue set alarm jam 02:30 untuk memulai aktifitas Gue sebagai blogger. Sinyal Midnight itu pasti selalu kenceng, jadi ya sekalian download film #wkwk. Gue download Film Koe No Katachi atau judul Englishnya Shape of Voice. Karena download yang 720p agak lama. Yaudah, Gue isi waktu tunggu itu dengan update artikel blog.

Kira-kira selama itu, Gue berhasil Update 8 artikel download aplikasi android, 2 artikel blog, dan men set-up beberapa theme blog Gue. Sekarang Header Gue sudah ada fotonya #mamer.

Setiap Update artikel, Gue selalu melihat jumlah tampilan sudah terlihat 5 – 9x. Padahal, itu baru saja di Posting. Dan saat Gue lihat di Statistik, BUSET! Jumlah Viewer nya melonjak! Ada apakah ini?



Lihat, data grafik diatas. Tiba-tiba melonjak tajam, pengunjungnya. Padahal sebagai blog baru, biasanya rata-rata pengunjung tidak sampai 50 Viewer perhari. Kecuali memang blog itu SEO dan artikelnya berkualitas.



IP Address pengunjung lebih banyak datang dari Indonesia dan Amerika Serikat. Kalau di perhatiin, Blog Gue ini enggak layak untuk di Translate. Karena di hampir seluruh Artikel Gue banyak yang menggunakan kata tidak baku. (Cirikhas Blog)

Walaupun begitu, kenapa Blog Gue bisa terkenal seperti itu di Amerika Serikat dalam waktu beberapa jam saja. Pakai pelet #wkwk.

Setelah ditelusuri penyebab asal muasalnya, bertanya pada blogger berpengalaman dan para senior, mereka menyebutkan penyebab pengunjung blog tiba-tiba banyak adalah “Jingling”.

Apa itu Jingling?

Dalam dunia blogger ternyata istilah Jingling sudah umum dan bukan hal yang mengejutkan lagi bagi para blogger yang berpengalaman.

Lalu apa itu Jingling sebenarnya? Jingling adalah sebuah software yang dituduh-tuduh berasal dari Negeri Tirai Bambu, You know lah. Pada awalnya kemungkinan software Jingling ini digunakan untuk cara curang mendapatkan Visitor banyak secara Instant! Jadi, Lo bisa mendapatkan visitor banyak secara instan dengan menggunakan software Jingling ini.

Lalu siapa yang mengunjungi blognya itu? Pengunjung dari software Jingling ini adalah bot atau robot. Kalau Gue bayangin sih, lebih mirip Gaib. Ya ... mungkin saja teknologi diakhirat sudah lebih maju dari kita? Jadi, ya mereka iseng-iseng browsing juga di Google #wkwk.

Tetapi, apakah kita sebagai Blogger pemula memasang software Jingling itu pada Blog kita? Tahu saja enggak, apa lagi menggunakannya.

Karena penggunaan Software Jingling ini berdampak buruk bagi blog kita, software ini berevolusi menjadi senjata untuk menjahili para blogger pemula seperti kita.

Apa Dampak Buruknya Jingling?

Sangat buruk dan mengerikan. Di Blog Gue yang pertama, sebenarnya pernah mengalami seperti ini juga. Bahkan karena itu, Gue pernah update 10 artikel lebih dalam sehari, pengjung Drastis naik hingga hampir 500 Viewer! Karena rata-rata sebelumnya hampir 100-200 an.

Namun, beruntung karena mungkin pengunjung organiknya juga tidak kalah banyak, Blog Gue dapat melewati masa-masa menyeramkan itu. Dan sekarang, Blog pertama Gue sudah terkurung dalam ingatan karena lupa email dan password, dia sudah dilupakan oleh siapapun. #kejam!

Nah, berikut dampak buruk Jingling terhadap Blog kita:

  1. Reputasi Blog kita akan dianggap rendah oleh Google. Sudah wajar, karena Google menganggap kita menggunakan cara curang tersebut. Padahal bukan kita yang menggunakannya, kan? Kurang ajar memang.
  2. Bounce Rate yang tinggi. Bounce rate atau Pentalan yang tinggi disebabkan oleh para Bot yang mengunjungi blog kita namun tidak sampai 2-3 detik. Mikir deh, ada orang mau beli datang ke toko enggak sampe 2-3 detik langsung keluar lagi. Nyepam banget Lo!
  3. Dan karena Bounce Rate yang tinggi tersebut, Google akan menganggap Blog atau artikel kita tidak berkualitas. Ini dapat menyebabkan Google malas menaruh content kita di mesin pencari mereka. Ngeselin kan?
  4. Dan paling parah adalah Blog Lo akan di Banned karena dianggap telah melakukan kecurangan! WOY Bukan Gue Pelakunya!!! #nangis.

Bagaimana Cara Mengatasi Jingling?

Karena sudah tahu apa yang akan terjadi jika Jingling terus terjadi terhadap Blog kita, Lo pasti enggak bakal maukan semua dampak buruk diatas menimpa kehidupan blogging Lo?

Para Senior pun masih menggunakan cara ini untuk berantisipasi jika terkena Jingling lagi. Berikut cara mengatasi jingling tersebut:

  • Buka Dashboard Blogger Lo, pilih “Setelan”.
  • Lalu, “Pilih Perayapan dan Pengindeksan”.
  • Scroll kebawah, cari “robot.txt khusus”. Edit.
  • Coba Lo masukin script dibawah ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: http://farhanhamzahat-thoriq.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED


- Terakhir, yaudah Save.


Berikut penjelasan tentang Script di atas:

User-agent: Googlebot
Allow: /

Ini berarti hanya Google Bot saya yang dapat merayapi blog Lo keseleruhannya.

User-agent: *
Disallow: /

Mencegah dan membatasi semua robot perayap (bot) lain untuk mengakses blog anda kecuali google saja.
Untuk mencekal dan membatasi semua robot peryap atau bot lain seperti makhluk Gaib tadi untuk mengakses blog Lo. Kecuali, Google Bot.


Dengan script diatas semoga blog kita dijauhi dari praktek merugikan tersebut. Tetapi, cara diatas tidak akan langsung mengatasi masalah Jingling. Bahkan karena kita sudah memberikan penangkal jingling tersebut, pengunjung akan sedikit turun dan mulai kembali seperti biasa.

Atau Lo juga bisa menggunakan cara kedua. Yaitu, langsung saja tanyakan pada Google atau mengirim masukan yang ada di pojok bawah kanan Dashboard Blogger. Sebuah kotak “Kirim masukan” berguna untuk mengirim masukan atau pertanyaan terhadap blog kita. Karena Google sudah tahu apa yang terjadi pada Blog kita, Google pun akan mencoba memahami apa yang terjadi. Tetapi, tindakan Jingling akan terus terjadi.

Alhamdulillah, pengunjungnya kembali normal, walaupun masih ada bot nya kayaknya.


Semoga mereka yang menggunakan Jingling pada Blog kita yang telah kita sayangi ini, bertobat atau komputernya rusak, kuotanya cepat abis, koneksi jaringannya lemot, tagihan listrik jadi gede, enggak bisa bayar, kendaraanya rusak juga dan semoga atap rumahnya bocor. Amin!



Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar