Header Ads

LightBlog

Pengalaman: [Solved] Komputer Hidup Tetapi Layar Tidak Hidup

Pagi itu Gue berangkat jaga toko teman yang dekat rumah. Karena komputer di tokonya tidak mempunyai Spek yang tinggi maka, Gue angkut sendiri bawa komputer dari rumah #niat. Kebetulan toko teman Gue itu fotocopy, jadi bosen kalau lagi enggak ada orang cuman bengong ngelihat motor di jalan lewat mondar-mandir. (Mata Gue bolak-balik terus ngikutin setiap motor yang lewat depan toko).

Nah, pagi sebelum Gue bawa ke toko sih ... bisa. Toh, Gue download beberapa Episode Boruto dulu. Tetapi setelah di colok ke sana, Gue bingung kok Komputer hidup tetapi Monitor tidak hidup? Wah, enggak beres ini toko ... #wkwk.

Setelah cabut kabel sana, kabel sini, Kabel Power sama Kabel VGA nya di ganti, bolak-balik ke rumah, bongkar pasang komponen dalam, alhasil tetap nihil. So ... apa yang terjadi?

Cari di mbah Google, tetap saja. No. Working! Bagaimana ini? Mana data-datanya penting-penting semua. Akhirnya, Gue bawa CPU tersebut ke depan toko ... BRAKKK!!! Gue banting, buang, ceburin, bye. (Kidding).

Gue cabut semua kabel dan Gue bersihin, dengan berharap CPU ini hanya sedang ngambek saja karena jarang di mandiin #bersihin.

Sebelum Gue pasang kembali semuanya, Gue cek dengan mata Sharinggan siapa tahu CPU ini ada yang santet atau terkena genjutsu. Ternyata ... kosong. #alhamdulillah. Kemudian, Gue coba pakai mata Byakugan. Dan ternyata ... ada sebuah benda kecil yang aneh berwarna hitam berada di antara dekat pin dekat colokan SATA di hard disk utama. Setelah Mode mata biasa, ternyata berwarna putih.



Wah, mungkin ini masalah penyebabnya. Kalau enggak salah, Socket Pin yang berada dekat kabel SATA hard disk itu berguna untuk Lock/Unlock deh (Kalau enggak salah) jadi, mungkin karena keberadaan benda aneh tersebut yang ternyata adalah serpihan kertasnya Deidara, membuat Hard Disk utama ter Lock. Mungkin ... Itu dugaan Gue.

Dan setelah kertas tersebut sudah Gue hancurkan, Gue coba test hidupkan lagi ... dan ... WORK! Berhasil, kembali hidup lagi #hore.

Adapun beberapa masalah lainnya seperti:
  • Kabel VGA/HDMI/konektor lainnya dari monitor ke CPU kendor.
  • Penggunaan VGA Card tambahan tidak bekerja dengan baik, bisa rusak atau memang kabelnya yang rusak. (Balik colok ke motherboard bawaanya aja). Kalau enggak bisa juga, Munking antara Port Connector / kabelnya sendiri yang rusak.
  • Pin RAM yang sudah kotor, Lo bisa bersihin dengan penghapus pensil atau karet (Pin RAM adalah yang berwarna kuning mas).
  • Bisa juga karena Daya Listrik yang diminta Power Supply tidak mencukupi, walaupun ini jarang terjadi.
  • Kalau yang biasanya Lo habis bongkar CPU terus setelah pasang kembali, malah terjadi masalah ini, kemungkinan besarnya adalah ada komponen yang belum terpasang dengan benar atau ada benda asing dalam komponen kayak Gue. (Pakai Byakugan dulu makanya).

Seperti itulah pengalaman Gue waktu Komputer Gue hidup namun monitor tidak hidup. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan juga terhibur oleh balutan Animenya Naruto #wkwk.

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar