Header Ads

LightBlog

Bulan Purnama Ini Tampaknya Jatuh Dari Langit

Daniel López (El Cielo de Canarias) Moon Setting Behind Teide Volcano 

"Orang-orang ini tidak dalam bahaya."

Jadi, mulailah penjelasan NASA tentang video menakjubkan yang diterbitkan 1 Juni, yang menunjukkan bulan monster dengan cepat mendekati selusin manusia yang bertengger di punggung bukit. Sama cepatnya, bola bulan lunar yang menjulang kemudian mulai tenggelam di belakang punggung bukit, mencari seluruh dunia seolah jatuh dari langit.

Mengapa, Anda mungkin bertanya, apakah NASA menjadi sangat bersemangat tentang klip film sci-fi, atau ilusi internet yang dibuat dengan sedikit skuldipery pengeditan? Spoiler: Bukan mereka.

Daniel López, seorang fotografer yang bermarkas di Kepulauan Canary, merekam adegan ini pada pagi hari 30 Mei dari tempat bertengger di dekat gunung berapi Gunung Teide Tenerife, menangkap pemandangan dunia lain saat matahari terbit dan bulan purnama terbenam. (Yang pertama dari jenisnya untuk bulan Mei, bulan purnama ini secara tradisional dikenal sebagai bulan bunga, bulan tanam jagung, atau bulan susu oleh berbagai budaya, jika Anda ingin tahu.)

Video yang dihasilkan adalah nyata dan tidak berubah — dan ini adalah ilustrasi hebat tentang bagaimana sains dapat mempermainkan kami.

Pertama, alasan untuk kesederhanaan bulan adalah sangat sederhana. López menggunakan lensa telefoto untuk menangkap pemandangan, yang dapat secara dramatis memadatkan jarak antara objek di latar depan dan latar belakang. Ini adalah efek yang sangat umum dalam foto-foto paus yang jauh dari garis pantai California, yang sering terlihat melanggar batas beberapa kaki dari pantai.

Dalam bidikan khusus ini, manusia mini bertengger di puncak gunung berapi sekitar 10 mil jauhnya. Pendamping surgawi kami benar-benar sekitar 240.000 mil di belakang mereka, diposisikan sedemikian rupa sehingga piringan yang sepenuhnya diterangi dengan sempurna membingkai puncak gunung berapi.

Adapun mengapa bulan tampak bergerak sangat cepat, itulah hasil rotasi Bumi dan bukan trik fotografi selang waktu atau pemutaran video yang dipercepat.

Berputar sekitar seribu mil per jam, pirouetting terus-menerus di Bumi biasanya tidak terlihat bagi kita di permukaan, kecuali ketika kita menatap lama pada objek di langit dan atau bayangan di tanah. Sekali lagi, jarak yang sangat terkompresi dalam gambar-gambar ini menerangi tingkat di mana planet kita berputar dan menonjolkan ukuran teman bulan Bumi.

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar