Header Ads

LightBlog

10 Cara Agar Kuat Menahan Lapar dan Haus Sepanjang Hari

Assallamualakum, Wahai sahabat? Kuatkah kalian menjalani puasa yang baru berjalan 3 hari ini? #wkwk



Di awal bulan puasa, biasanya kita masih bersemangat dan sama sekali seperti enggak ngerasain yang namanya lapar. Mungkin ada, namun tidak terlalu lapar banget. Dan kadang saking semangatnya, selesai sholat subuh kita bersama teman-teman main bulu tangkis atau bahkan main bola (Khusu yang punya Stamina Badak).

Jujur aja, Gue juga pernah waktu tinggal di marunda, selesai sholat subuh kita bersama-sama ke lapangan untuk bermain bola. Sungguh, siang aja belum ... rasa haus sudah menggelegar mendobrak-dobrak tenggorokan dan mulai menguasai tubuh Gue untuk kedapur. (Kesurupan Air)

Banyu ... endi banyu ?!?!!!!!!” Gue berteriak-teriak di dapur dan mengacak-acak meja karena enggk ada makanan.

Di minggu ketiga, akhirnya segala aktifitas yang melelahkan dan membuang waktu diganti dengan memperbanyak pahala. Dalam fase ini, nantinya kita akan mulai dikenalkan perasaan bosan dan jenuh sama seperti kita ngejalanin sebuah hubungan dengan kekasih, akan tetapi belum aja sebulan sudah bosan karena terus melakukan hal yang sama berulang kali. Dan juga karena terus makan makanan yang sama setiap harinya.

Saking bosannya, kadang kita melewatkan sahur atau sengaja makan duluan sebelum tidur dan tidak sahur. Padahal, sahur adalah hal penting yang dapat mempengaruhi kualitas puasa kita di siang hari. Jangan sampai, karena enggak sahur kita banyak mengeluh dan mencari-cari alasan agar puasa setengah hari saja (Dasar Cilik!).

Nah, Dalam beberapa artikel yang Gue baca dan serta pengalaman Gue sendiri akan Gue jelaskan bagaimana cara agar kita dapat kuat bertahan dari rasa haus dan lapar sepanjang hari. Lest Read!

Makan dengan santai dan tidak terburu-buru



Tenang, Lo enggak lagi wajib militer kayak di Korea. Sepepet waktu Lo untuk makan karena sebentar lagi akan imsak, usahakan untuk tidak terlalu terburu-buru makan dan suapnya. Takut keselek #melet,

Karena jika dapat makan dengan santai dan mengunyah-nya hingga halus, itu akan membantu penyerapan makanan menjadi sebuah energi yang dapat bertahan lebih lama dibandingkan makan dengan cepat dan tergesa-gesa (Tenang, Lo enggak bakal mati selama berpuasa! Kecuali takdir #hehe)

Tidak usah terlalu banyak makan



Banyak yang menganggap jika makan dengan makanan yang banyak akan membuat kita dapat bertahan lama. Biasanya kita selalu iri dengan badan yang besar dan gemuk penuh lemak. Husshh, enggak boleh iri!

Perlu Gue katakan, persepsi tersebut adalah Salah, guys! Justru dengan kebanyakan makan saat sahur akan membuat kita akan cepat letih dan sering mengantuk, rasanya tuh kayak maunya tiduran aja. Bahayakan kalau lagi kerja, eh tiba-tiba ... GEDUBRAK!! <(Inalillahi-) Gue belum mati, Emon! Gue cuman ngantuk!

Coba awali dengan makan kurma



Kurma adalah makanan yang disukai Nabi Muhammad dan disunnahkan karena dapat dipercaya mengenyangkan dan menyehatkan tubuh. Kurma ini juga sangat baik untuk mengawali sahur kita.

Kandungan magnesium dan potassium, serta gula yang dipercaya dapat menjadi sumber energi yang baik membuat Lo tidak mudah lapar saat berpuasa.

Berdasarkan pengalaman, waktu Gue telat sahur kira-kira hanya kurang berapa menit. Gue panik dan langsung membabi buta di dapur

“Makanan!!! Mana Makanan!!! Aarrghhhh”. Loncat kesana-kemari (Jangkrik?)

Tiba-tiba Mamah menenangkan Gue dengan menyodorkan sebuah Piring berisikan 3 buah kurma. Dan benar! Seharian penuh, Gue enggak cepat lapar ... Baru laparnya tuh sekitar sorean, Yah jam segitu mah tinggal ngabuburit aja #wkwk.

Perbanyak makan buah-buahan


Sayangnya, sudah puasa yang ketiga ini gue sama sekali belum menyentuh buah #sedih. Padahal buah itu kaya akan kandungan air yang sangat baik, seperti melon, pir dan jeruk. Buah-buah itu sangat baik dikonsumsi saat sahur.

Karena, mereka juga mengandung anak vitamin dan mineral yang dapat mengubah makanan menjadi sumber energi kita, juga meningkatkan metabolisme, sekaligus menjaga kandungan cairan dalam tubuh Lo (Enggak bisa pipis dong?) selama berpuasa.

Permintaan, semoga nanti malam Gue dapat berbuka dengan buah-buahan #hope.
 

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks



Pada Artikel yang pernah Gue baca sebelumnya, makanan seperti beras merah, kentang, kedelai (tempe, tahu), gandum (roti), buah-buahan (anggur, apel, jeruk), dan sayuran seperti wortel, brokoli, bayam dan selada itu mengandung Karbohidrat Komplek yang fungsinya dapat membuat kita tidak mudah lapar pada siang hari.

Jadi, untuk Lo yang seorang pekerja berat, Gue saranin untuk mewajibkan makan-makanan tersebut. Jangan sampai pekerjaan kalian jadi berantakan dan malas-malasan dengan alasan puasa. Dont Give up, bray! Ingat anak dan istrimu #wkwk.

Minum Madu sebelum Imsak



Biasanya, dulu waktu kecil Gue suka diberi madu jika saat sahur tidak terlalu makan banyak atau kepepet imsak. Mamah suka mendampinginya dengan 3 buah kurma.

Karena madu itu sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Selain sebagai untuk pelancar buang air besar (BAB) madu juga dapat dipercaya untuk menjaga tubuh agar terhindar dari hidrasi dan menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

Mengonsumsi madu pada saat sahur juga dapat mempercepat proses pencernaan makanan menjadi kekuatan yang membantu kita agar enggak mudah lapar.

Jangan lupa Minum 8 gelas saat malam



Lo tahukan, Indonesia panas? Walaupun enggak semua kota, panas. Indonesia itu beriklim Tropis. Bagi kalian yang pada siang hari terik bolong melakukan aktifitas pekerjaannya, itu pasti membuat kalian cepat haus dan keringat selalu berkucuran membasahi kaos kutang Lo.

Dan kalian pasti akan menyalahkan matahari karena terlalu memaparkan sinarnya ke Indonesia yang warganya banyak yang berkomentar #wkwk. Syukurin aja, guys. Sinar Matahari yang Allah berikan pasti ada manfaatnya di Indonesia #senyum.

Nah, setelah buka maupun saat sahur. Pastikan kalian sudah minum 8 gelas pada waktu itu. Hindari makan-makanan yang pedas dan asin agar tidak terlalu banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Tetap jaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan makan juga buah agar wajah tidak terlalu pucat pada siang hari karena dehidrasi.

Hindari minum kopi



“Woy! Ngopilah?”.

Untuk penggila kopi yang biasa ngopi di pagi hari, kemudian pindah waktu menjadi ngopi saat sahur, sepertinya tindakan itu harus dihentikan, guys. Why? Minum kopi saat sahur dapat membuat perut Lo sakit hati dan membahayakan puasa Lo siang nanti.

Selalin bikin perut Lo terasa sakit, Kopi juga dapat memicu produksi asam lambung. Sehingga Lo bisa merasakan kelaparan lebih cepat dari umumnya.

Banyakin sayuran dan hindari goreng-gorengan



Kebiasaan Mamah yang sering menyediakan gorengan bakwan pada saat sahur, ternyata salah! Pantesan, perut Gue terasa kembung dan suka ingin BAB walaupun enggak ingin BAB di pagi harinya.

Seharusnya selama berpuasa, Sayur dan buah-buahan itu diperbanyak agar tubuh tetap bugar dan sehat. Karena makanan yang berserat seperti sayur itu dapat membantu pencernaan kita.

Perbanyak tadarus



Terakhir adalah perbanyak mengaji. Kan, bukan makanan? Yaps, dengan memperbanyak tadarus waktu yang terbuang tidak hanya bermanfaat karena kajian yang ada di dalam Al Quran (Kalau bisa baca Al Quran yang ada translatenya, biar Lo sekalian men-kajinya) Tapi juga mendapatkan Pahala yang berdobel kali lipat.

Insyallah, enggak hanya mendapatkan sistem tubuh yang kembali menjadi normal dan sehat setelah berpuasa sebulan penuh, Lo juga bakal dapat pahala yang banyak sekali #senyum.



Nah, seperti itulah Tips agar kita dapat kuat bertahan dari rasa haus dan lapar sepajang hari. Insyallah, dengan makan dan minum yang Gue saranin di atas akan membuat Lo semakin kuat melebihi Suparman. Tadinya, Gue ingin masukin menu makannya Samson, biar kuat kayak dia ... Cuman, itu mustahil, perlu ritual juga nantinya (Seperti makan besi dan paku, sebelum jam 3) #wkwk.

Dengan niat dan tahan syahwat, pasti akan memperkuat kita! Jangan juga selalu diam di rumah, pergilah cari aktifitas dan pahala yang sudah menanti dimanapun dengan jumlah JACKPOT! Bismillah ...

Assallamualakum,

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar