Header Ads

LightBlog

5 Keistimewaan Membaca Al Quran pada Bulan Ramadhan

Assallamualaikum, Hari ini Gue akan menjelaskan tentang 5 Keistimewaan membaca Al Quran di Bulan Ramadhan. Niscaya, setelah membaca artikel ini Insyallah, Lo akan buru-buru Wudhu dan baca Al Quran #hehe.

5 Keistimewaan Membaca Al Quran pada Bulan Ramadhan


Kita sebagai muslim membaca Al Quran adalah kewajiban dan juga kebutuhan, karena Fungsi Utama Al Quran untuk umat manusia adalah pedoman hidup kita. Al Quran juga berisikan macam-macam solusi dan petunjuk agar umat manusia berada di jalan-jalan Allah (Jalan yang benar).

Sayangnya, kebanyakan orang membaca Al Quran hanya dibaca secara Tekstual saja, tidak dipahami maknanya dan diaplikasikan dalam kehidupannya. Kalau, Gue sih ... Jujur aja, baru bisa memahami makna-makna ayat Al Quran yang Gue baca (Karena ada Translatenya) Akan tetapi, masih belum sanggup diaplikasikan dalam kehidupan Gue. Karena ... Mungkin perkembangan zaman dan pengaruh lingkungan yang membuat Gue belum bisa sepenuhnya mengikuti apa yang Gue ketahui di dalam Al Quran. Insyallah, Gue juga akan berusaha sebisa mungkin namun perlahan. Bismillah ...

Nah, Isi kandungan dalam Al Quran juga banyak menyangkut tentang kehidupan manusia. Seperti, masalah keluarga, pasangan, ilmu pengetahuan alam (sains), akhirat, masalah ekonomi, hukum, pendidikan, dll. Gue sangat turut suka membaca tentang nabi adam yang menjadi asal mula peradaban di bumi, seperti surat Al Baqaroh.

Setiap yang membaca, pasti akan menemukan Khazanah Islam yang sangat dalam dan juga akan mengetahui setiap aspek pertanyaan di dunia ini. Sesungguhnya hidup Lo akan damai dan tentram jika selalu membaca Al Quran #senyum.

Tidak luput dengan keistimewaannya membaca Al Quran saat Bulan Ramadhan. Disini, Gue akan menjelaskan 5 Keistimewaan orang muslim membaca Al Quran di bulan Ramadhan:

Mendapatkan Pahala berkali lipat

Mendapatkan Pahala berkali lipat


“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, serta seorang penyeru menyeru: “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan”. (Al Hadist)

Pada Hadist di atas menjelaskan bahwa ketika bulan Ramadhan, pahala kita sedang dilipat gandakan. Ibarat main Game adalah kita terkena buff exp ganda. Siapapun pasti senang dan berlomba-lomba memperbanyak pahala di waktu bulan Ramadhan ini.

Di Bulan Ramadhan ini, Allah memberikan pahala yang dilipatkan agar umat Islam termotivasi untuk memperbanyak baca Al Quran. Akan tetapi, jangan karena pas bulan Ramadhan saja Lo jadi Rajin Ngaji, terus lanjutkan walaupun Ramadhan telah usai #senyum.

Baca Juga Keutamaan Mengkhatamkan Al Quran di Bulan Ramadhan

Menjauhi Kita dari Godaan Syetan dan Syahwat

Menjauhi Kita dari Godaan Syetan dan Syahwat


Saat kita membaca Al Quran, Syetan akan benci dan menjauhi kita. Maka dari itu, jika kita membaca Al Quran terus menerus, Insyallah kita akan dijauhi Godaan Syetan dan perbuatan maksiat seperti yang disukai Syetan terkutuk.

Syetan sangat membenci mereka yang rajin membaca Al Quran, karena hal itu kita akan menjadi lebih kuat iman dan tahan dari godaan Syetan. Terlebih lagi, jika kita menunjukan sikap kecintaan kita terhadap Rasulullah dan menjalan perintah seperti apa yang di tulis pada Al Quran.

Namun, seseorang yang jarang beribadah, akan tetapi mengingat Allah SWT, dan juga melakukan amalan shaleh justru akan lebih berpeluang digoda oleh syetan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dalam hati dan pikirannya kosong dan ragu, Syetan lebih mudah menggoda orang seperti itu untuk dikelabui dari jalan yang benar, didorong untuk melakukan kesalahan, dan dikendalilan agar hawa nafsunya tinggi dan akhirnya berbuat maksiat. Astagfirullah ... Tobatlah, wahai Emon ... #pray.

Waktu yang dihabiskan menjadi produktif

Waktu yang dihabiskan menjadi produktif


Pada Bulan Ramadhan dimana umat islam diwajib kan untuk berpuasa, fisik kita akan diuji, menahan nafsu, makan dan minum sepanjang hari. Dan kemudian akan datang dimana masanya kita bosan dan lelah karena melakukan hal yang jarang kita lakukan dan pada saat dilakukannya, terus diulang menerus (Belum terbiasa) Pada saat itu, sempatkanlah baca Al Quran ... Bacalah Al Quran dikala waktu kosong Lo.

Jangan sampai di bulan Ramadhan ini, Lo hanya bermalas-malasan untuk beribadah, lemas menjadi alasan. Sangat disayangkan, Bulan Ramadhan itu datang setahun sekali. Ini adalah kesempatan kita untuk memperbanyak pahala, jangan sampai Lo melewatkan kesempatan emas ini.

Mendekatkan diri pada Al Quran dan Agama Islam

Mendekatkan diri pada Al Quran dan Agama Islam


Sama seperti, Lo waktu ngedeketin si Doi. Apakah hanya dengan diam saja, si doi akan ngedekatin sendiri? Enggak mungkin kan? Sama kalau kita ingin mendekatkan diri pada Al Quran dan memperdalam agama Islam. Kita harus rajin membaca Al Quran, mengkaji makna-makna dari ayatnya, dan diaplikasikannya ke kehidupan kita.

Nah, pada kesempatan bulan Ramadhan ini saat kita membaca Al Quran, pahala yang kita dapatkan dilipat gandakan oleh Allah. Bayangkan, jika semua orang di lingkungan kita membaca Al Quran bersama-sama, pasti akan menciptakan suasana yang islami.

Walaupun Lo, sekiranya belum lancar membaca Al Quran. Jangan pantang semangat, terus saja baca, baca dan baca, itu adalah prosesnya. Insyallah dengan niat baik dan rutin, kita akan menjadi seorang muslim yang kaffah.

Membuat pikiran kita jadi Positif

Membuat pikiran kita jadi Positif


Jika kita membaca Al Quran yang ada Translatenya, Lo bisa baca Al Quran sembari belajar dari isi kandungan setiap ayat-ayat cinta yang Lo baca. Kalau Lo mendalaminya, di Al Quran ada banyak berbagai ilmu dan juga hikmah positif dari cerita-cerita nabi dan para sahabatnya.

Dengan mempelajarinya, sudah pasti otak kita akan terbuka dan mulai mempengaruhi otak agar selalu berfikir positif dan tenang.



Semoga saja dengan membaca Al Quran di bulan Ramadhan, kita dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya setelah usai bulan yang penuh berkah ini. Intinya, pahala yang akan dilipat gandakan ini hanya sekali dalam setahun. Maka, jangan sia-siakan bulan ini, wahai sahabat dan pembaca setia blog Gue #senyum

Assallamualaikum,

Baca Juga Artikel Bermanfaat:

]]>
loading...

Tidak ada komentar